bagaimana cara menghitung current ratio

Panduan langkah demi langkah untuk bagaimana cara menghitung current ratio ikuti panduannya secara seksama.
bagaimana cara menghitung current ratio
Bagaimana Cara Menghitung Current Ratio Source: bing.com

Bagaimana Cara Menghitung Current Ratio

Current ratio merupakan salah satu rasio keuangan yang digunakan untuk mengukur kesehatan keuangan perusahaan. Rasio ini menunjukkan kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban jangka pendek dengan aset lancar yang dimilikinya.

Cara menghitung current ratio sangatlah mudah, dan dapat dilakukan dengan menggunakan rumus sederhana. Namun, sebelum memulai perhitungan, yang pertama harus dilakukan adalah mengumpulkan data keuangan perusahaan. Data yang diperlukan antara lain laporan neraca atau balance sheet, yang berisi informasi mengenai aset dan kewajiban perusahaan pada akhir periode tertentu. Pastikan data yang dikumpulkan akurat dan lengkap.

Mengumpulkan Data

Sebelum menghitung current ratio, yang pertama harus dilakukan adalah mengumpulkan data keuangan perusahaan. Data yang diperlukan antara lain laporan neraca atau balance sheet, yang berisi informasi mengenai aset dan kewajiban perusahaan pada akhir periode tertentu. Pastikan data yang dikumpulkan akurat dan lengkap.

Identifikasi Aset Lancar

Setelah mengumpulkan data, identifikasi terlebih dahulu aset lancar perusahaan. Aset lancar adalah aset yang dapat diubah menjadi uang dalam waktu satu tahun, seperti kas, piutang, persediaan, dan investasi jangka pendek.

Identifikasi Kewajiban Jangka Pendek

Selanjutnya, identifikasi kewajiban jangka pendek perusahaan. Kewajiban jangka pendek adalah kewajiban yang harus dibayar dalam waktu satu tahun, seperti utang dagang, utang bank, dan pajak yang harus dibayar.

Hitung Total Aset Lancar

Setelah mengetahui aset lancar perusahaan, hitung totalnya dengan menjumlahkan semua aset lancar yang terdapat dalam laporan neraca. Hasilnya akan menjadi nilai pembilang pada rumus current ratio.

Hitung Total Kewajiban Jangka Pendek

Selanjutnya, hitung total kewajiban jangka pendek dengan menjumlahkan semua kewajiban jangka pendek yang terdapat dalam laporan neraca. Hasilnya akan menjadi nilai penyebut pada rumus current ratio.

Gunakan Rumus Current Ratio

Setelah mengetahui nilai pembilang dan penyebut, gunakan rumus current ratio untuk menghitung rasio keuangan tersebut. Rumus current ratio adalah :

Rumus Current Ratio

Current Ratio = Total Aset Lancar / Total Kewajiban Jangka Pendek

Contoh Perhitungan Current Ratio

Misalnya, perusahaan ABC memiliki total aset lancar sebesar Rp 500 juta dan total kewajiban jangka pendek sebesar Rp 250 juta. Maka, current ratio perusahaan ABC adalah :

Perhitungan Current Ratio

Current Ratio = Total Aset Lancar / Total Kewajiban Jangka Pendek = Rp 500 juta / Rp 250 juta = 2

Interpretasi Hasil

Setelah menghitung current ratio, perlu dilakukan interpretasi hasil untuk mengetahui kesehatan keuangan perusahaan. Jika hasilnya di atas satu, berarti perusahaan memiliki kemampuan membayar kewajiban jangka pendek dengan aset lancar yang dimiliki. Namun, jika hasilnya di bawah satu, berarti perusahaan tidak cukup likuid dan mungkin mengalami kesulitan dalam membayar kewajiban jangka pendek.

Pertimbangan Lain

Meskipun current ratio merupakan indikator penting dalam mengukur kesehatan keuangan perusahaan, namun tidak bisa menjadi satu-satunya pertimbangan. Perlu dipertimbangkan juga faktor lain seperti rasio keuangan lainnya, kondisi pasar, dan faktor internal perusahaan seperti manajemen dan operasional.

Menggunakan Current Ratio Sebagai Alat Analisis

Current ratio dapat digunakan sebagai alat analisis yang efektif dalam mengukur kesehatan keuangan perusahaan. Dengan mengetahui current ratio perusahaan, investor dapat mengevaluasi kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendek. Selain itu, current ratio juga dapat digunakan sebagai alat perencanaan keuangan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghadapi situasi yang tidak terduga.

Kesimpulan

Current ratio adalah rasio keuangan yang penting dalam mengukur kesehatan keuangan perusahaan. Cara menghitung current ratio sangatlah mudah, dan dapat dilakukan dengan menggunakan rumus sederhana. Namun, hasil dari current ratio tidak bisa menjadi satu-satunya pertimbangan dalam mengevaluasi kesehatan keuangan perusahaan. Perlu dipertimbangkan juga faktor lain seperti rasio keuangan lainnya, kondisi pasar, dan faktor internal perusahaan seperti manajemen dan operasional.

Related video of bagaimana cara menghitung current ratio