cara menghitung hpp average

Cara Menghitung HPP Average dengan Mudah. Pelajari langkah demi langkah untuk menghitung HPP Average.
cara menghitung hpp average

Cara Menghitung HPP Average dengan Mudah

Harga Pokok Produksi (HPP) adalah biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi suatu barang atau jasa. HPP Average adalah Harga Pokok Produksi rata-rata per unit produk yang dihasilkan. HPP Average sangat penting dalam bisnis karena dapat membantu Anda menentukan harga jual yang tepat untuk produk Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghitung HPP Average dengan mudah.

Persiapkan Data-Data yang Diperlukan

Sebelum memulai menghitung HPP Average, pastikan Anda telah mempersiapkan data-data yang diperlukan. Data-data yang dibutuhkan antara lain biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik, dan jumlah produk yang dihasilkan selama satu periode.

Hitung Total Biaya Produksi Selama Satu Periode

Setelah mempersiapkan data, langkah selanjutnya adalah menghitung total biaya produksi selama satu periode. Total biaya produksi ini terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik.

Hitung Jumlah Produk yang Dihasilkan Selama Satu Periode

Selanjutnya, hitunglah jumlah produk yang dihasilkan selama satu periode. Jumlah produk ini akan digunakan sebagai pembagi dalam perhitungan HPP Average.

Bagi Total Biaya Produksi dengan Jumlah Produk yang Dihasilkan

Setelah mengetahui total biaya produksi dan jumlah produk yang dihasilkan, Anda dapat melakukan pembagian antara kedua angka tersebut. Hasil pembagian tersebut adalah HPP Average.

Contoh Perhitungan HPP Average

Misalnya, total biaya produksi selama satu periode adalah Rp10.000.000,- dan jumlah produk yang dihasilkan selama satu periode adalah 1.000 unit. Maka, HPP Average adalah sebagai berikut:

HPP Average = Total Biaya Produksi / Jumlah Produk yang Dihasilkan

HPP Average = Rp10.000.000,- / 1.000 unit

HPP Average = Rp10.000,- per unit

Dalam contoh di atas, HPP Average adalah Rp10.000,- per unit produk.

Kesimpulan

Menghitung HPP Average adalah langkah penting dalam bisnis. Dengan mengetahui HPP Average, Anda dapat menentukan harga jual yang tepat untuk produk Anda. Untuk menghitung HPP Average, Anda perlu mempersiapkan data-data yang diperlukan, menghitung total biaya produksi selama satu periode, menghitung jumlah produk yang dihasilkan selama satu periode, dan membagi total biaya produksi dengan jumlah produk yang dihasilkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menghitung HPP Average.

Related video of cara menghitung hpp average