bagaimana cara menghitung bphtb hibah

Panduan langkah demi langkah untuk bagaimana cara menghitung bphtb hibah ikuti panduannya secara seksama.
bagaimana cara menghitung bphtb hibah
Bagaimana Cara Menghitung Bphtb Hibah Source: bing.com

Bagaimana Cara Menghitung BPHTB Hibah

BPHTB atau Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan adalah pajak yang harus dibayarkan oleh seseorang ketika membeli atau menerima hak atas tanah dan/atau bangunan. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara menghitung BPHTB hibah.

Persiapan

Sebelum menghitung BPHTB hibah, pastikan Anda telah menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan. Dokumen tersebut antara lain surat keterangan warisan atau hibah, sertifikat tanah, dan surat pernyataan ibu kandung (jika ada). Selain itu, pastikan juga Anda telah mengetahui nilai pasar dari properti yang diberikan hibah.

Hitung Nilai Jual Objek Pajak (NJOP)

Langkah pertama dalam menghitung BPHTB hibah adalah dengan menentukan nilai jual objek pajak (NJOP). NJOP ini dapat diperoleh dari Kantor Pajak setempat. Biasanya, NJOP ini berbeda-beda untuk setiap daerah.

Hitung NJOP x Koefisien Dasar Pengenaan Pajak (KDP)

Setelah mendapatkan NJOP, selanjutnya hitung NJOP x KDP. KDP untuk hibah adalah 0,5%. Sebagai contoh, jika NJOP sebuah properti adalah 500 juta, maka hasil perhitungannya adalah 500 juta x 0,5% = 2,5 juta.

Hitung NJOP x KDP x Tarif

Langkah selanjutnya adalah menghitung NJOP x KDP x tarif. Tarif BPHTB untuk hibah adalah 5%. Sebagai contoh, jika hasil perhitungan sebelumnya adalah 2,5 juta, maka hasil perhitungannya adalah 2,5 juta x 5% = 125 ribu.

Hitung Nilai BPHTB

Setelah mengetahui hasil perhitungan sebelumnya, selanjutnya hitung nilai BPHTB dengan cara mengalikan hasil perhitungan tersebut dengan jumlah properti yang diberikan hibah. Sebagai contoh, jika jumlah properti yang diberikan hibah adalah 2, maka nilai BPHTB yang harus dibayarkan adalah 125 ribu x 2 = 250 ribu.

Kenapa Perlu Menghitung BPHTB Hibah?

Menghitung BPHTB hibah sangat penting karena merupakan kewajiban yang harus dipenuhi jika Anda menerima hibah tanah dan/atau bangunan. Jika Anda tidak membayar BPHTB sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka akan dikenakan sanksi dan denda oleh pihak yang berwenang.

Apa Sanksi yang Diberikan Jika Tidak Membayar BPHTB Hibah?

Sanksi yang diberikan jika tidak membayar BPHTB hibah adalah berupa denda sebesar 2% per bulan dari jumlah yang seharusnya dibayar. Selain itu, pihak yang berwenang juga dapat melakukan penyitaan terhadap tanah dan/atau bangunan yang diberikan hibah.

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Menghitung BPHTB Hibah?

Setelah menghitung BPHTB hibah, langkah selanjutnya adalah membayar BPHTB tersebut ke Kantor Pajak setempat. Setelah membayar BPHTB, pastikan Anda juga telah mendaftarkan hibah tersebut ke Kantor Pertanahan setempat.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Terdapat Kesalahan dalam Perhitungan BPHTB Hibah?

Jika terdapat kesalahan dalam perhitungan BPHTB hibah, maka segera laporkan hal tersebut ke Kantor Pajak setempat. Jangan mengabaikan kesalahan tersebut karena dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.

Apa Saja Dokumen yang Dibutuhkan untuk Mendaftarkan Hibah ke Kantor Pertanahan?

Dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftarkan hibah ke Kantor Pertanahan antara lain surat keterangan hibah, sertifikat tanah, surat pernyataan ibu kandung (jika diperlukan), dan bukti pembayaran BPHTB.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Tidak Mempunyai Surat Keterangan Warisan atau Hibah?

Jika Anda tidak mempunyai surat keterangan warisan atau hibah, maka segera urus surat tersebut ke Kantor Pajak setempat. Jangan mengabaikan hal tersebut karena dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.

Apa Saja Sanksi yang Diberikan Jika Tidak Mendaftarkan Hibah ke Kantor Pertanahan?

Sanksi yang diberikan jika tidak mendaftarkan hibah ke Kantor Pertanahan adalah berupa denda dan/atau pembatalan hak atas tanah dan/atau bangunan yang diberikan hibah.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Properti yang Diberikan Hibah Masih Memiliki Sisa Hutang?

Jika properti yang diberikan hibah masih memiliki sisa hutang, maka sebaiknya hutang tersebut dibayar terlebih dahulu sebelum menerima hibah. Hal ini dikarenakan hibah hanya diberikan untuk properti yang telah lunas.

Apa Saja Biaya-Biaya yang Harus Dikeluarkan Untuk Menghitung BPHTB Hibah?

Biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk menghitung BPHTB hibah antara lain biaya transportasi, biaya konsultan (jika diperlukan), dan biaya administrasi.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika NJOP Tidak Ditemukan?

Jika NJOP tidak ditemukan, maka sebaiknya Anda menghubungi Kantor Pajak setempat untuk mengetahui NJOP yang berlaku di daerah tersebut.

Apa Saja Kendala yang Dapat Dihadapi Saat Menghitung BPHTB Hibah?

Kendala yang dapat dihadapi saat menghitung BPHTB hibah antara lain sulitnya mencari NJOP, sulitnya menentukan nilai pasar properti, dan kurangnya informasi mengenai peraturan-peraturan yang berlaku.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Properti yang Diberikan Hibah Tidak Ada Sertifikat Tanah?

Jika properti yang diberikan hibah tidak ada sertifikat tanah, maka sebaiknya segera urus sertifikat tersebut ke Kantor Pertanahan setempat sebelum menerima hibah.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Terdapat Sengketa Mengenai Hibah yang Diberikan?

Jika terdapat sengketa mengenai hibah yang diberikan, maka sebaiknya segera hubungi pihak yang berwenang untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Tidak Mampu Membayar BPHTB Hibah?

Jika tidak mampu membayar BPHTB hibah, maka sebaiknya segera menghubungi Kantor Pajak setempat untuk mencari solusi yang tepat.

Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Saat Menerima Hibah Tanah dan/atau Bangunan?

Hal yang harus diperhatikan saat menerima hibah tanah dan/atau bangunan antara lain memastikan bahwa properti tersebut telah lunas hutangnya, mendapatkan surat keterangan warisan atau hibah, dan membayar BPHTB serta mendaftarkan hibah ke Kantor Pertanahan setempat.

Related video of bagaimana cara menghitung bphtb hibah